Header Ads

ad728
  • Breaking News

    PERBANDINGAN PADI SERTANI 13, SERTANI 14, DAN PADI WANGI

    Padi Sertani 13 dan Sertani 14 keduanya merupakan benih padi hasil racikan Pak Surono Danu. Sebenarnya varian Sertani sangatlah banyak, yang cukup populer yaitu sertani 1, sertani 8, sertani 13, sertani 14, dan sekarang ini muncul sertani 9. Masing masing benih itu memiliki karakteristik sendiri sendiri. Benih yang sudah disebar Pak Surono pun masih dapat dikulik kulik sehingga tidak menutup kemungkinan nanti ada turunan sertani hasil racikan pemulia pemulia benih jika kebetulan benih itu jatuh di tangan seniman tanaman pangan.

    Di artikel ini aku akan coba menunjukkan performa sertani yang kebetulan ada di rumah dan sudah diujicobatanam baik di pot (untuk sertani 13) dan langsung di sawah tadah hujan yang tahun 2016 ini keringnya kebangetan. Penampakan padi sertani di sawah tadahhujan dengan kondisi air yang minim di antara padi-padi tetangga, padi sertani 13 dan 14 terlihat cukup mencolok dan ngegemesin.

    Di pawinihan atau pembibitan

    Tak ada perlakuan khusus untuk benih benih padi sertani. Tak ada perendaman poc, fungisida, bakterisida, ataupun perendaman hormon bahkan tak ada seleksi benih. Semuanya dilakukan secara konvensional. Harap maklum aku belum bisa cawe cawe terlalu banyak karena selain basic yang kupunya bukan pertanian, tentu saja para pinisepuh masih meragukan yang muda muda. Terjun dipertanian saja sudah dianggap aneh, gak wajar, kurang kerjaan, tidak sukses dll wekekekekeke….

    Keekstriman musim yang tak ramah juga sudah menghajar sertani hingga sentik sentik kehausan. Bahkan sampai 25 hss aku pun cukup frustasi karena langit sudah sedemikian pelit mengguyurkan hujan. Dampaknya rumput rumput merajalela di pawinihan. Secara penampakan, sertani 14 lebih bongsor jika dibandingkan dengan sertani 13, tapi keduanya masih kalah bongsor dengan padi wangi (sebutan mertua). Aku akui padi wangi yang sudah sekian kali ditanam mertua menunjukkan pertumbuhan vegetatif yang cukup oke di lahan kering. Walau pertumbuhan padi wangi tak bisa seragam, aku yakin hal itu hanya gara gara tak pernah dilakukan seleksi benih saja. 

    Padi sertani masuk golongan mana?

    Jika ada yang bertanya tentang varietas sertani maka akupun bingung untuk menjawabnya. Tapi yang pasti padi ini bukanlah padi bersertifikat. Jadi, entahlah apakah varietas sertani ini masuk varietas unggul baru, padi tipe baru, ataukah padi gogo. Yang jelas ia bukan padi hibrid import, padi ini asli dari nusantara. Kalau dicari di toko pertanian jelas tidak ada.
    Ya begitulah rumitnya pemerintah kita, para penemu-penemu kelas internasional dari negeri sendiri justru dianaktirikan. Benturan kepentingan, penjajahan pangan secara sistemik, penguasaan sumber daya alam justru dibiarkan. Ngeriiii……

    Penampakan sertani 13 dan 14 setelah tanam

    Di lahan sawah super kering pertumbuhan vegetatif sertani 13 dibanding dengan 14 terlihat berbeda. Sertani 14 sepertihalnya di pawinihan memiliki pertumbuhan vegetatif yang lebih baik jika dibandingkan dengan sertani 13. Dengan umur yang sama anakan sertani 14 juga lebih banyak. Sedangkan jika dibandingkan dengan padi wangi yang ditanam mertua jumlah anakan sertani 14 bisa dikatakan imbang yaitu sekitar 25 anakan. 




    SUMBER : http://pemalaskayabahagia.blogspot.co.id/

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728